adf.ly

Jumat, 11 Maret 2011

Gandaria: Buahnya Biasa Dipakai untuk Rujak Kanistren

(Bouea macrophylla Griff)
Nama lain: Ramania
Suku: Anacaroiaceae

Latar Belakang
Tanaman Gandaria merupakan tanaman ash Indonesia, masyarakat Jawa Barat, terutama yang bersuku Sunda, terkenal menyenangi sambal lalapan mentah nya. Termasuk dalam kelompok lalapan ini adalah buah Gandaria. Buah Gandaria muda diramu pula menjadi Rujak Kanistren yang dipakai dalam Upacara Tebus Wetengan pada saat wanita Sunda hamil 7 bulan. 

Nama Gandaria diperoleh dari warna kulit ari bijinya yang ungu kemerahan (Gandaria). Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang mantap, pemerin tah daerah Jaw a Barat menyatukan pilihan pada Gandaria untuk pengenalnya. Dari segi budaya, memang Gandaria lebih memasyarakat di jawa Barat, Kayu Gandaria dapat dipergunakan, dan buahnya dapat dibuat asinan.

Pertelaan
Pohon Gandaria tidak begitu tinggi, hanya setinggi pohon jambu bol. Ta juknya membulat, rimbun dan un taian daunnya berjuntai. Pohon ini lambat pertumbuhannya. Pohon yang berumur 4 tahun dari biji, ha nya mencapai tinggi 2 m, tapi tajuk nya rimbun. Bunga Gandaria ber bentuk hampir bulat.

Ekologi
Pohon Gandaria secara alami tum buh di hutan basah dan di bawah 300 m dari permukaan taut.

Musim Berbunga
Bunga Gandaria kecil. Karena tajuk nya yang rimbun dengan ukuran da un yang besar, maka bunga ini tidak begitu tampak. Bunga tersebut mun cul antara bulan Juli - November, dan buah dipanen pada bulan Maret - Juni.
***
Sumber: Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Nasional, KLH RI (http://bk.menlh.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar