adf.ly

Senin, 31 Januari 2011

Diskus Mogok Bertelur

Jika pasangan induk Diskus tidak mau bertelur, langkah yang diambil adalah mengembalikan kedua induk dalam aquarium besar bersama 4 diskus jantan lain. Dengan cara ini diharapkan betina bisa memilih kembali pasangan yang sesuai.

Agar telur tidak dimakan oleh induknya, coba cek kualitas air. Diskus butuh kualitas air tertentu sehingga mau bertelur. Di habitat aslinya di Sungai Amazon, Amerika Latin, kualitas air agak masam, pH sekitar 6,0 – 6,2 dengan tingkat kekerasan air atau hardness soft sekitar 0-1. Jaga pula suhu pada kisaran 25-30C. Faktor lain, kandungan aonia harus dibawah 1. Buatkan tempat bersarang berupa pot yang diletakkan terbalik atau potongan pipa PVC yang diletakkan vertical.

Telur biasanya menetas setelah 2 hari dan larva mulai berenang bebas saat berumur 3 hari. Larva yang sudah bisa berenang akan menempel di tubuh induk untuk memakan mucus – semacam lender hasil sekresi dari induk.

Diskus menyukai pakan hidup. Pakan hidup seperti bloodworm atau cacing darah, jentik nyamuk, kutu air, dan cacing sutera banyak mengandung enzim-enzim yang dibutuhkan diskus selama bertelur.
***
sumber: Trubus 483 – Februari 2010/XLI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar