adf.ly

Sabtu, 02 Agustus 2008

FLONA 2008


Perhelatan FLONA 2008 di lapangan Banteng sampai hari kedua masih belum terasa kemeriahannya. Jumlah peserta yang mencapai 597 stand tampak masih belum mengisi semua stand-nya. Beberapa stand masih terlihat kosong tanpa penghuni. Sedangkan stand yang sudah terisi, terlihat masih “adem ayem” saja.

Mayoritas stand peserta menawarkan tanaman campuran, memajang beberapa jenis tanaman dalam satu stand. Hanya beberapa stand yang mengkhususkan diri menawarkan jenis tanaman tunggal. Sebagai hobiis tanaman hias, saya bertanya tanaman hias apa yang bakal banyak menarik minat pengunjung. Atau dengan kata lain siapa jagoan baru yang bakal muncul dalam perhelatan tahun ini ?Bukankah Flona selalu menjadi barometer kedepan dari situasi dan kondisi dunia tanaman hias di Indonesia ?. Sayang, setidaknya sampai hari kedua Flona 2008, tanda-tanda akan hal itu masih belum tampak. Hampir semua jenis tanaman hias seperti Aglaonema, Anthurium, Sansevieria, Adenium dan Puring turun dalam kapasitas yang sama. Anthurium yang tahun lalu benar-benar menguasai Lapangan banteng, kali ini tidak terlalu mencolok kehadirannya. Setidaknya sudah jauh berkurang. Adanya statemen dari banyak pihak yang meramalkan bahwa Flona tahun ini akan menjadi tempat mengadu stok dan harga, belum tampak sama sekali. Sekali lagi ini mungkin dikarenakan perhelatan yang baru memasuki hari kedua.

Jumlah pengunjung yang datang cukup lumayan, walaupun belum maksimal. Hari Minggu umumnya menjadi hari dengan jumlah pengunjung terbanyak. Dari beberapa pembicaraan saya dengan pemilik / penjaga stand, umumnya mengatakan : “Biasa mas, karena baru mulai. Umumnya memang sepi begini. Ntar juga lama-lama makin ramai “. Entah jawaban itu sepenuhnya benar berdasarkan pengamalan tahun-tahun sebelumnya. Atau hanya sekedar jawaban sekenanya. Kita lihat saja nanti.

Secara umum, Flona 2008 memang terasa tidak lebih “besar” dari tahun sebelumnya (kalau tidak mau disebut lebih kecil). Areal yang digunakan untuk perhelatan tahun ini sedikit berkurang, dengan stand peserta yang juga berkurang. Beberapa Nursery besar yang beberapa tahun terakhir selalu hadir di Flona, tahun ini berkurang jumlahnya. Anda yang sering mengunjungi Flona pada tahun-tahun sebelumnya, pasti akan merasakan hal ini.

Sampai hari kedua kemaren, saya menemui beberapa hal yang menjadi catatan saya. Diantaranya adalah “maraknya” stand yang menjajakan Adenium. Seperti diketahui dalam beberapa expo tanaman hias akhir-akhir ini, baik itu di Parkir Timur Senayan, Musem Purna Bhakti, Taman Bunga Cibubur, dll Adenium seperti kurang mendapatkan “tempat. Apakah hal ini membuktikan adanya berita bahwa beberapa pemain adenium mempersiapkan diri khusus menyambut Flona tahun ini ?. Catatan saya yang lain adalah jumlah stand yang menjajakan Fauna / pet juga lebih terlihat dibanding tahun lalu. Mereka umumnya menawarkan ikan, kucing, anjing, beberapa jenis reptile, bahkan ada pula yang memajang monyet sebagai barang dagangannya.

Untuk lebih jelas melihat Flona 2008 sampai hari kedua, bagi anda yang belum atau tidak sempat singgah, silahkan anda nilai sendiri dari beberapa foto dibawah ini. Selamat menikmati, semoga membantu.


Gerbang Flona 2008



Stand Adenium




Stand Aglaonema



Stand Anggrek


Stand Anthurium


Stand Enchepalartos


Stand Kaktus dan Sukulen


Stand Nephentes


Stand Puring


Stand Sansevieria




Stand Campuran





Stand Hortikultur


Stand Khusus Rotundum





Stand Paling Luas




ADELIA (Saprotan & Umum)



GODONG IJO (Adenium, dll)



GROW UP Demo


ISTANA ALAM NURSERY (Campuran)



MAHARANI GARDEN (Anthurium)


OASIS SENTUL (Campuran)


TRUBUS (Buku dan Saprotan)


Stand SAPROTAN



Stand PET




Suasana Umum Flona









Stand KOSONG




Kerak Telor


Parkir Pinggir Jalan


Parkir DepKeu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar