adf.ly

Selasa, 03 Maret 2009

Bunga Desa Nursery, Dan Aglaonema


Bagi anda penggemar tanaman hias khususnya aglaonema dan sering mengunjungi pameran / expo tanaman hias di seputar wilayah Jabodetabek, anda akan sering menemui stand dari nursery yang satu ini. Ya, “Bunga Desa” sebuah nursery spesialis Aglaonema yang telah eksis sejak tahun 2005 yang lalu.

Adalah Mirza Mandong sang pemilik yang memulai menekuni bisnis tanaman hias, khususnya Aglaonema disela-sela kegiatannya sebagai seorang karyawan swasta yang berkantor dibilangan kuningan, Jakarta. Masih segar dalam ingatannya, ketika Aglaonema mengalami booming di Indonesia, Mirza mengendus peluang usaha ini. Dengan pengetahuan secukupnya, iapun mulai membuka usaha tanaman hias dirumahnya di kawasan Bintaro dan diberi nama Bunga Desa Nursery. Dari awal memang Mirza sudah menetapkan Aglaonema sebagai spesialisasinya. Dimulai dengan menjual / beli aglo lokal dan beberapa aglo non lokal yang dibelinya dari pedagang yang dikenalnya disebuah pameran. Dengan ketekunan dan keuletannya, usahanya terus berkembang tidak hanya menjadi sebuah nursery rumahan. Pelan tapi pasti nama Bunga Desa mulai sering muncul di beberapa pameran di Jabodetabek. Tak sampai setahun, karena tak mau berpuas diri hanya menjadi “perantara” antara eksportir kepada pedagang, iapun memberanikan diri terbang ke Bangkok untuk menyambangi sarang sang ratu daun disana.

Pada awalnya memang tidak mudah. Pengetahuan tentang situasi “medan” di Thailand yang masih minim, serta peta perizinan yang yang harus ditempuh tak membuatnya surut. Ketekunannyapun membawa hasil. “ Minimal sebulan sekali saya pergi ke Bangkok dan Rayong untuk berbelanja Aglaonema. Pada awalnya saya berbelanja seribu batang Aglo. Lalu meningkat hinga dua-tiga kali lipat ” katanya. Tak hanya menjual aglo kepada pembeli langsung yang datang ke rumahnya atau di pameran, Bunga Desa juga memasok aglo ke beberapa pedagang yang menjadi langganan tetapnya. Tercatat beberapa pedagang aglo dari Depok, Tangerang, Bogor, Purwakarta dan Serang rutin mengambil barang dagangan darinya.



Ketika kemudian Aglaonema mengalami booming, pemintaan dari pedagang-pedagang langganannya-pun meningkat pesat. Tetapi sayang, kesempatan yang terbuka lebar ini tidak mampu dimanfaatkan secara maksimal. Kesibukannya di tempat kerja, membuatnya tak bisa leluasa mondar-mandir Jakarta – Bangkok. Kesetiaannya pada aglonema memang luar biasa. Ketika Anthurium mengalami masa booming berkali-kali, Bunga Desa tetap setia dengan Aglaonema. Pernah suatu ketika di perhelatan Flona 2007, ketika Anthurium benar-benar menguasai Lapangan Banteng, saya beberapa kali berdiskusi dengan Mirza di stand-nya. Ia mengatakan, Justru dikesempatan itulah ia bisa memetik untung lebih besar. Alasannya, ketika banyak Nursery, Importir dan pedagang berpaling dan konsentrasi pada Anthurium, “pemain” aglo menjadi berkurang. Berarti persaingan-pun menjadi berkurang, sedangkan konsumen yang mencari aglo masih tetap seperti sedia kala.

Demikain pula ketika trend Sansevieria dan Puring mulai menggeliat, walaupun tidak sampai mengalami booming, Mirza dan Bunga Desa tidak pernah berpaling sekalipun dari aglaonema yang telah “membesarkannya”.

Saat ini, ketika trend dan bisnis tanaman hias mengalami “koreksi” besar-besaran-pun tak merubah wajah Bunga Desa. Ketika ditemui di stand S-03 Trubus Agro Expo Cibubur, Mirza mengatakan : “ Permintaan dan penjualan Aglaonema saat ini masih tetap banyak seperti sedia kala. Hanya memang harga mengalami penurunan. Justru keadaan ini semakin bagus. Bagi pembeli yang dulu ingin mengkoleksi banyak aglo, mengalami kendala pada harga. Nah saat ini harga yang jauh terjangkau, membuat mereka bisa melengkapi koleksinya tanpa merongrong isi kantongnya”. Ditanya tentang rutinitasnya “jalan-jalan” ke bangkok, Mirza menuturkan saat ini masih seperti biasa, setiap bulan sekali belanja aglo langsung dari Thailand. Karena permintaan yang masuk dari pedagang dan pelanggannya terus mengalir, disamping dengan mengikuti pameran yang rutin digelar seperti Rangkain Trubus Agro Expo seperti saat ini.

Bagi anda penggemar aglaonema yang ingin melengkapi koleksi anda, atau ingin mencoba membuka usaha menjual Aglaonema dan ingin mendapatkan kualitas aglo dan harga aglo yang spesial, anda bisa menghubungi Mirza Mandong dialamat :

BUNGA DESA NURSERY
Arinda Permai I Blok H/14 Pondok Aren Raya
Bintaro – Tangerang
Telp.: (021) 99726609 / 0816865572


Special Thanks for
Mirza Mandong and Bunga Desa Nursery crew

Tidak ada komentar:

Posting Komentar