adf.ly

Minggu, 24 Agustus 2008

FLONA 2008 ( Update )


Hari Minggu 24 Agustus 2008, pengunjung pengunjung Flona 2008 tampak cukup banyak. Pemandangan ini cukup kontras dibanding dengan pada minggu pertama dibukanya perhelatan expo tahunan ini. Hal ini mungkin disebabkan karena hari minggu dan menjelang berakhirnya pameran, sehingga banyak orang menyempatkan diri untuk datang.

Walaupun tidak seramai dan sebesar tahun sebelumnya, tetapi Flona kali ini tetap mampu menarik animo masyarakat untuk datang mengunjunginya. Menjelang berakhirnya pameran, transaksi lumayan banyak terjadi. Menurut informasi para peserta dan penjaga stand, walaupun umumnya tidak sebanyak tahun lalu, tetapi transaksi cukupmerata hampir disemua jenis tanaman hias mulai dari Anthurium bibitan hingga remaja, Aglaonema harga menengah kebawah, Adenium, Puring hingga Sansevieria. Beberapa tanaman hias “klasik” macam Anggrek dan Mawar pun cukup mendapatkan atensi dari penggemarnya.

Yang tak kalah diserbu pengunjung, adalah stand Fauna yang pada Flona kali ini cukup banyak pesertanya. Begitupula Blok khusus tanaman Hortikultura tak ketinggalan pengunjung. Pengamatan saya pada hari Sabtu dan Minggu kemaren relative cukup lumayan transaksi yang terjadi.

Pertanyaannya sekarang adalah siapa sih favorit Flona 2008 ini ?. Beberapa orang penggemar fanatic mengatakan Anthurium masih terus berjaya walau tidak seheboh tahun lalu. Beberapa orang lagi mengatakan Adenium cukup mencolok dan banyak terjadi transaksi, walaupun kelas murah meriah. Ada pula yang mengatakan sebenarnya tidak ada yang benar-benar berkuasa dan menjadi favorit. Semua tanaman mendapat perhatian dan transaksi yang hampir sepadan.

Yang perlu diperhatikan mungkin, seberapa sukseskah pelaksanaan Flona tahun ini. Kalau dilihat dari segi jumlah peserta dan area yang digunakan, sudah jelas menurun dari tahun sebelumnya. Kalau dilihat dari antusiasme pengunjung, mungkin hampir berimbang kalau tidak mau dikatakan menurun. Dari volume transaksi ?. Belum ada berita yang pasti. Beberapa peserta mengaku menangguk untung tipis sampai lumayan. Beberapa yang lain cukup senang dengan mengucapkan kata “impas”. Tetapi sayang dari berita yang saya kumpulkan tidak sedikit peserta yang harus nombok untuk bayar biaya sewa stand dan operasional yang cukup tinggi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Flona identik dengan barometer perkembangan bisnis tanaman hias di Indonesia. Entah untuk tahun ini, apakah barometer itu masih berfungsi ?. Benarkan Flona kali ini benar-benar merupakan gambaran kondisi dunia tanaman hias di tanah air akhir-akhir ini ?. Mungkin masih sulit untuk menjawabnya. Banyak hal yang mempengaruhi bisnis dan expo tanaman hias saat ini.

Bagi bapak / ibu yang tidak sempat datang berkunjung ke Flona 2008, atau sempat berkunjung tetapi tidak sempat mengambil foto, bapak / ibu bisa download foto-foto yang sempat saya record dalam pandangan kamera saya. Ada 300 foto yang tersedia, saya bagi menjadi beberapa folder karena besarnya ukuran file. Untuk Download silahkan menuju bagian kanan dari halaman ini. (Download Foto) Lalu klik satu persatu link-nya. Setelah di download, silahkan buka folder dengan menggunakan program Winrar. Kalau menemui kesulitan, silahkan menghubungi saya di emirgarden@yahoo.co.id. Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar