adf.ly

Rabu, 30 Juli 2008

Memilih Media Tanam

Salah satu syarat agar tanaman hias yang kita pelihara bisa tumbuh sehat, segar, kokoh dan menawan seperti yang kita inginkan, adalah pemilihan media tanam yang tepat dan ideal.

Berikut ini tips-tips yang bisa digunakan dalam memilih atau meramu media tanam yang ideal :

1. Mampu menopang tanaman secara kokoh, sehingga tanaman mampu berdiri tegak dan tidak mudah goyah. Untuk memenuhi syarat ini, maka harus dipilih media tanam yang tidak mudah lapuk dan bisa bertahan dalam jangka waktu lama.
2. Bersifat porous, sehingga mampu mengalirkan kelebihan air yang tidak dibutuhkan. Hal ini dibutuhkan untuk mencegah media tanam menjadi becek dan lembab secara berlebihan, yang berakibat pada resiko kebusukan atau serangan jamur pada tanaman. Untuk itu harus dipilih media tanam yang tidak bersifat padat dan mampu menciptakan “rongga” di dalam wadah media tanam, sehingga proses drainase dan aerasi berjalan dengan baik.
3. Mampu menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman, baik itu unsur hara makro maupun mikro, sehingga kebutuhan tanaman akan zat-zat makanan selalu terpenuhi. Untuk memenuhi syarat ini, bisa dilakukan dengan memasukkan unsur pupuk kandang kedalam ramuan media tanam, atau dengan menambahkan pupuk kimia yang umumnya berbentuk butiran.
4. Bersifat steril, bebas dari serangan serangga, jamur, virus dan mikroorganisma merugikan lainnya. Hal yang biasa dilakukan dalam mensterilisasi media tanam adalah dengan mengukus media tanam. Cara ini efektif apabila media tanam yang dipakai sedikit. Apabila media tanam yang digunakan dalam jumlah banyak, maka media tanam bisa dijemur di bawah terik sinar matahari selama kurang lebih dua hari, lalu membungkusnya kedalam wadah plastic yang tertutup rapat. Cara lain yang sering pula digunakan dan lebih praktis adalah dengan cara kimia dengan aplikasi Furadan G sesuai takaran yang dianjurkan.
5. Sesuai dengan jenis tanaman hias yang dipilih. Hal ini perlu dilakukan, karena masing-masing jenis tanaman hias mempunyai karakterisktik berbeda-beda, sehingga membutuhkan media tanam yang berbeda pula

Media tanam yang dipilih bisa berupa media tanam tunggal yaitu hanya menggunakan satu jenis bahan media tanam, atau media tanam campuran yaitu media tanam yang diramu dari beberapa jenis bahan media tanam.

Menurut pengalaman para pelaku tanaman hias, memang tidak ada media tanam yang paling ideal, karena karakteristik tanaman, lingkungan tempat tanaman dipelihara, iklim serta musim sangat berpengaruh dalam pemilihan media tanam yang tepat. Beberapa contoh ramuan media tanam yang banyak digunakan, akan diuraikan lebih lanjut dalam blog ini. Silahkan mengikuti, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar